Selasa, 03 Agustus 2010

Gong Perdamaian


gong perdamaian

Ada yang tau Gong Perdamaian?? Sebuah gong raksasa yang berdiameter 333 cm dan diberi gambar 218 Bendera negara di dunia serta sepuluh agama di dunia. Pada bagian tengah gong terdapat gambar bola dunia. Sedangkan pada bagian belakang gong yang berwarna kuning keemasan tersebut juga terdapat sebilah keris.

Dan gong yang menjadi simbol perdamaian dunia ini berada di INDONESIA!! Di negara kita, Indonesia! Betapa bangganya aku saat melihat berita tentang gong ini di koran. Aku baru tahu ternyata di Indonesia ada sebuah benda yang sangat hebat seperti ini. Keren! Itulah kata pertama yang muncul dipikiranku ketika melihat berita tersebut. Betapa tidak, baru pertama kali ini aku melihat suatu hasil karya bangsa kita yang sangat fenomenal. Sebuah simbol perdamaian dunia. Wuahh..ilmu menulisku belum cukup untuk menggambarkan betapa bangganya aku saat ini.

Setelah meneliti dan menelaah lebih lanjut, ternyata pembuatan gong ini diilhami dari dahsyatnya peristiwa bom bali I. Dan seperti bunyi lagu sampak yang mengiringi suatu peperangan dalam pewayangan, lagu perang itu diakhiri dengan bunyi gong yang berdengung nyaring dan mantab. Oleh karena itu penyajian karya seni berupa "Gong" bisa ditafsirkan bahwa goncangan bom, sebagaimana bunyi gong yang mengakhiri lagu perang, diharapkan menjadi pertanda peperangan sudah berakhir dan dimenangkan oleh pembela kebenaran. (wuihh...alasan yang hebad)Dan Gong ini pernah keliling dunia lo! Tambah bangga aja nih aku jadi Bangsa Indonesia.

Dan yang lebih membanggakan lagi, Gong ini akan dibuat duplikatnya dan akan dipasang di berbagai penjuru dunia!! Karya Indonesia di duplikat! Imitasi! ternyata gak cuma kita yang make barang imitasi, wkwkwkw..
Duplikat pertama kali dipasang di Penglai, Cina pada 20 Agustus 2004 yang diresmikan oleh Presiden Cina Hu Jintao bersama Dirjen UNESCO dan Djuyoto Suntani. Selanjutnya duplikat gong tersebut akan dipasang dI tempat terbunuhnya Mahatma Gandhi (India), lalu Mozambik (Afrika), Vientiane (Laos), Godollo (Hongaria), Alexandria (Mesir), Belanda, Iran, Kanada, Polandia, Meksiko,dan Australia.
Dan selanjutnya Gong tersebut akan ditaruh di Taman Pelita Kota Ambon dan akan diresmikan presiden SBY tanggal 25 November nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar